Kesuksesan Para Insomnia

Posted: 23 October, 2008 in Did u know?

Konon kabarnya orang sukses senang begadang dan mengurangi jam tidur. Di saat orang lain terlelap, mata mereka masih melotot, bahkan sedang getol-getolnya beraktivitas, baik yang menggunakan otak maupun otot. Benarkah mengurangi tidur malam merupakan salah satu kunci sukses?

Mantan pejabat seperti Margareth Thatcher, Soeharto, Habibie, konon tidur malam hanya tiga jam. Helmy Yahya waktu sekolah di Amrik juga melakukan hal yang sama. Bahkan pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, terus bekerja selama 24 jam selagi mereka kuat.

Saya belum pernah menemukan biografi orang sukses yang jam tidurnya sama dengan yang sering dinasehatkan dokter, yakni 6-8 jam sehari. Kalau Anda bisa menemukannya mungkin saya akan menjadi jamaahnya. Soalnya, saya paling tidak bisa tidur singkat. Setiap hari saya harus tidur minimal 6 jam. Kalau kurang dari itu, pasti siangnya akan menguap.

Adapun saya, karena selalu dikalahkan kantuk, tidak pernah belajar sampai larut malam. Cukup sampai pukul 10.00. Siang sudah cukup panjang bagi saya.

Di dunia nyata, banyak businessman yang percaya bahwa malam adalah sumber rejeki. Banyak keputusan atau deal penting terjadi di tengah malam. Kalau sudah malam orang sudah tidak terlalu ngotot, sehingga negosiasi bisa lebih “smooth”.

Bagi pengusaha atau pemilik perusahaan, kerja sampai malam tidak menjadi masalah karena mereka memang menikmatinya. Tetapi bagi karyawan hal ini menjadi persoalan besar.

Hermawan Kertajaya pernah mengalaminya saat dia menjadi karyawan dan setelah menjadi bos. Waktu dia masih karyawan di Sampoerna, pemilik sering mengajak meeting sampai pukul 03.00 pagi. Si bos tetap semangat, sementara karyawan sudah kewalahan. Sebaliknya, setelah dia menjadi pemilik Markplus, gantian dia yang meeting sampai pagi dengan senang hati, tetapi karyawannya gondok.

Begadang atau tidak, bukan masalah, selama Anda menikmatinya. Bagaimana menurut Anda?

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s