Fenomena Friendster

Posted: 28 October, 2008 in Article

Seperti yang kita tahu, Friendster merupakan salah satu situs komunitas terbesar di Dunia. dan member yang terbanyak berasal dari benua asia (include Indonesia) pada awalnya fungsi Friendster itu hanya sebagai situs yg memuat profile kita dan untuk mencari kenalan di dunia maya tentunya.

Namun seiring berjalannya waktu dengan peningkatan di situs friendster, (contoh dibuadnya FS Versi Mobile sehingga bisa OL lewat HP) kemudian terintegrasi dengan flicker,dan masih banyak lagi tambahan Add-on laiinya.

yang saya ingin bahas adalah FS yang berubah fungsi. mulai dari Foto, Comment, Profile, dan tentu saja ajang “Narsis” .


Fungsi FS

FS yang tadinya hanya untuk mencari teman dan ajang untuk bertemu dengan teman-teman alumni SD,SMP,SMA,atau universitas kini berubah menjadi ajang untuk untuk “Kebolehan” maksudnya adalah ada beberapa fs teman saya yang cuma nonjol di profile dengan isi yang nyeleneh dan tentunya dengan Widget yang amad sangat berat, di sertai gambar sang idola (mohon yang merasa jangan marah karena ini cuma opini saya). dan fungsi FS kini menjadi media untuk mengetahui keadaan atau mengirim informasi terkini alias berubah fungsi menjadi kirim “SMS” dalam hal ini menggunakan media comment (ok hal ini akan saya bahas di bagian berikutnya). dan ada yang pernah bilang (dan saya juga secara tak sengaja bilang >_> atau memang sudah membudaya) bahwasannya tak punya FS=Gaptek (gagap teknologi) yah mungkin asumsi anak muda sekarang itu hal yang wajib punya. . . . . .. . . . . dan sisanya kembali ke opini kita masing-masing.

Comment FS
Comment FS atau di Webnya ditulis “Testimonial” (Artinya pengghargaan) berubah fungsi yang tadinya berisi komentar tentang pemilik Fs itu sendiri dari yang mengunjungi Fs menjadi CHATBOX (sungguh gak ada kerjaan). dan kata teman saya, populer atau gaknya FS orang itu dilihat dari banyaknya Comment Dan Testi yang dia Terima ( ngabisin Quota buad ngetesti dan comment doank. . . . . . . . sungguh buang waktu). seperti yang saya bilang Comment yang berubah fungsi menjadi CHATBOX di FS dikarenakan isi testi yang seakan-akan cuma nanya hal yang gak penting. Example:
“Hai makasih yah Add FSkuw”
(ini sih klo yang nge-add kita, klo kita yg approve lain lagi ceritanya)
“Hei XXXXX bsok ada pelajaran apa???? oh yah nanti aku balas testinya nih mw Op”
(hari gini ngisi testi yang gituan dan mw bilang opp aja di FS?? ngabisiin Quota internet aja >_> lagian masih bisa pake SMS kan??? jadi apa gunanya Hp?)

dan masih banyak lagi Comment yang senada dengan yang diatas. dan tragisnya lagi Comment ini Up2date dalam hitungan menit saja. kaya pesan sms (kalau memang kebetulan sang empunya FS sedang OL)

Oh yah satu lagi, mungkin pihak keamanan FS belum memperkuad pertahanan mereka di bagian SPAMING COMMENT.

SPAMMING COMMENT disini adalah comment yang berisi hal-hal yang gak penting dan sangat mengganggu sehingga membuat yang melihat FS dan juga sang pemilik FS jengkel atau kesal. Sebagai contoh beberapa bulan yang lalu saya menerima Comment dari seorang yang tak saya kenal. kemudian saya cek di Pending comment dan isinya WEW . testi dengan gambar P**N (ayo itu disensor, sisanya artikan sendiri nanti terjerat undang-undang ITE) dan tentu saja nama yg punya FS itu di Profilenya sama Foto udah kena Hack dan diganti dengan gambar yang “Tak layak Lihat” kecuali yang maniak >_>. so hati-hati kalian bagi yang menerima comment FS dari orang yang tak dikenal.

Foto FS
Foto FS. . . . . . .Hmmmmm saya mw komentar apa yah??? oh yah tentang “Narsis” seperti yang saya singgung di atas. Foto FS sekarang (yang dulunya hanya di perbolehkan 10 buah) berubah menjadi Album Foto Online yang dipamerkan ke siapa saja yang maw lihat koleksi fotonya (sebenarnya sih sah-sah saja klo fotonya itu foto gokil dia, atau foto bareng temen, dan yang laiinya) tapi sayangnya Album foto itu jadi Album “Narsis” yang memuat foto dia dengan gaya yang sama tapi bajunya yang beda, dan sudut yang berbeda pula >_> (apa gunanya kamera HP dan kamera digital) dan gaya-gaya foto yang aneh seperti nonjolin mulut (biar dibilang chubby), pipi tembem (pipinya di tiup biar kaya bunder seperti pipi anak bayi yang bulad), foto refleksi (foto depan kaca), Foto-Genic (yang ini udah tahu klo ketemu kamera kaya model >_> ), Foto bareng sang Pacar (pasti udah tahu alasannya) dan lain-sebagainya. Klo untuk Foto kartun sih gak apa-apa. selama tidak menggangu stabilitas Web FS dan selama kamu masih dikenali oleh orang lain.

Profile FS
hmm Profile FS ini saya cuma bisa komentar gini “Rata-rata isi profile nya ada yang nyeleneh dan mungkin inspiratif,atau mungkin terlalu jujur (tergantung yang ngelihat FS itu sendiri gimana komentarnya) kemudian berubah menjadi Profile “Narsis” yang emang bener-bener nunjukin “Ini GWE!!!” dengan ini profile yang panjang lebar, dengan Glitter teks yang panjang dan cape buat ngeload FS, kemudian gambar-gambar sang idola, dan lain-lain. kalau bagian ini sih sah-sah saja toh saya juga kadang ngakak baca profile mereka.

Layout FS
Apa yang ada di benak Anak muda klo di tanya “Layout FSmu apa???” 99,99% pasti menjawab dengan serentak “EMO. . . . .HIDUP EMO”. Emo apanya emang kamu sendiri ngerti jalan hidup emo kaya apa??? katanya emo itu keren lah, soalnya rada-rada gelap dan Gaul (yah terserah lah dari pada jadi anak Punk yang gak karuan tapi gak mengganggu keadaan sekitar)kemudian Layout kedua yang paling orang pasang adalah “Foto dia Sendiri” membuat FS itu menjadi tambah “Narsis”.

Ket: Narsis adalah Sindrom yang membuat seseorang cenderung menunjukkan dirinya secara berlebihan. atau menunjukkan siapa dirinya dengan cara yang menonjol atau yang mungkin menjurus ke pengertian itu (ini menurut saya loh)

bener-bener dah FS, FS

oh yah ada satu lagi. Karena FS sekarang udah support HP dengan layanan WAP maka para Friendster-Holic bisa OL 24 Jam (kalau dia mau) belum lagi pake Provider GPRS yang murah dan cepat (klo di indonesia paling murah masih dari Indosat) nah jadi gak perlu khawatir dengan pulsa mereka selama Quotanya gak terlalu banyak.

Comments
  1. indah says:

    good

    gw suka ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s