Kecanduan berbelanja?

Posted: 25 November, 2008 in Tips

Maraknya konsumerisme serta gaya hidup hedonis menambah daftar panjang jenis jenis kecanduan yaitu kecanduan belanja atau biasa disebut dengan “shopaholic” atau “oniomania”.

Beban hidup yang semakin berat, tempo kerja yang semakin cepat, kesulitan hidup yang semakin kompleks, persaingan kerja yang semakin ketat menimbulkan rasa “cemas” yang berlebihan. Belum lagi jika kecemasan tersebut disebabkan oleh trauma masa lalu ataupun sugesti negatif yang terus dipupuk.

Kebutuhan manusia akan “rasa nyaman” inilah yang dimanfaatkan bahkan dieksploitasi oleh para kapitalis sebagai tambang emasnya dengan cara membobardir konsumen dengan berbagai iklan produk (jika perlu dengan pencitraan yang menyesatkan) sehingga konsumen menjadi ketagihan dan menjadikan belanja sebagai sarana pelepasan ketegangan (katarsis).

Untuk mengetahui apakah Anda tergolong shopaholic atau tidak, ada sejumlah pertanyaan yang harus Anda jawab. Bubuhkan kata “Benar” atau “Salah” pada masing-masingnya.

1. Ketika saya merasa tertekan, biasanya saya belanja.
2. Saya menghabiskan banyak uang untuk barang yang tidak saya miliki namun tidak saya butuhkan.
3. Saya merasa gila saat saya berbelanja tapi setelah itu saya tidak terlalau peduli akan barang yang saya beli.
4. Saya memiliki banyak pakaian yang tidak pernah saya pakai dan sejumlah perkakas/alat yang tidak terhitung jumlahnya dan saya tidak pernah menggunakannya.
5. Saya sering merasa sembrono/gila-gilaan dan lepas kontrol ketika saya berbelanja.
6. Saya sering berbohong kepada teman-teman dan keluarga tentang uang yang saya habiskan.
7. Saya merasa sangat kacau dan terganggu dengan kebiasaan berbelanja yang saya lakukan
8. Setelah belanja gila-gilaan, saya kadang merasa hilang orientasi dan tertekan.
9. Sekalipun saya merasa sangat bingung tertang utang-utang saya, saya tetap berbelanja.
10. Kegiatan berbelanja saya banyak disebabkan masalah hubungan dengan diri sendiri atau pun dengan orang lain.

Apakah Anda menjawab “benar” sebanyak empat kali atau lebih dari pernyataan-pernyataan di atas? Jika ya, tampaknya Anda memiliki masalah yang serius dengan nafsu belanja.
Jika kebanyakan jawaban Anda atas pernyataan kuis ini “benar”, mungkin Anda membutuhkan lebih dari sekadar tips-tips yang sifatnya ekonomis untuk mengendalikan pengeluaran Anda.

Jika pola belanja Anda mulai mengganggu kehidupan Anda, pertimbangkan untuk mendatangi seorang profesional terapis. Dia akan membantu Anda untuk mencari tahu mengapa kebiasaan belanja Anda sangat sulit dikendalikan.

Shopaholic biasanya digolongkan sebagai “penyimpangan obsesif-kompulsif” yang dapat disembuhkan dengan bantuan profesional / terapis.

Sumber

Leave a Reply

