Berpelukan = Sehat

Posted: 28 December, 2008 in Health

Siapa yang tidak senang mendapat pelukan atau belaian dari orang terkasih. Setiap orang pada dasarnya memang membutuhkan sentuhan dari orang-orang terdekatnya. Nah, ternyata selain menimbulkan rasa nyaman, pelukan juga memiliki manfaat yang menyehatkan.

Menurut peneliti dari Universitas of North Caroline, AS, pelukan secara dramatis bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar hormon oksitosin. Ini adalah hormon yang membuat kita lebih relaks sekaligus menimbulkan ikatan emosional. Selain lewat pelukan, produksi hormon oksitosin juga meningkat saat proses persalinan, melahirkan, dan orgasme. Beberapa ahli menyebut hormon ini dengan hormon cinta.

“Oksitosin berhubungan dengan ikatan emosional dan kedekatan fisik dengan pasangan. Pada ibu menyusui, hormon ini diduga juga menurunkan risiko kanker payudara dan memperlambat pertumbuhan sel kanker,” kata Kathleen Light, PhD, profesor di Universitas North Caroline.

Makanya, jangan ragu untuk mengungkapkan kasih sayang kepada orang-orang terkasih lewat pelukan. Penelitian juga menunjukkan anak yang terbiasa mendapat ungkapan kasih sayang dari orangtuanya, entah dicium atau peluk, akan tumbuh menjadi orang yang memiliki kepribadian hangat.

Duh, jadi pengen peluk2an nih…. hehehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s