Keadaan Terbalik

Posted: 25 January, 2009 in Faith

Bagaimana jika keadaan menjadi terbalik? Angan-angan tak sesuai dengan kenyataan. Mimpi kandas di tengah jalan dan kita jatuh terpuruk padahal baru saja kita menerima nubuatan bahwa hidup kita akan diberkati. Berharap gaji naik tapi justru menerima surat pemecatan. Penyakit kita bukannya sembuh seperti yang kita harapkan tapi kita justru menerima surat rujukan dari dokter untuk pergi ke rumah sakit dengan peralatan medis yang lebih canggih. Jujur saja, bukankah kita benci keadaan yang seperti ini?

Kita tak sendiri. Banyak orang-orang luar biasa ternyata juga mengalami keadaan terbalik ini. Tanyakan saja kepada Yusuf seperti apa senangnya menerima mimpi indah dari Tuhan dan tanyakan apa yang terjadi setelah ia menceritakan mimpi itu kepada saudara-saudaranya. Bukannya menjadi pemimpin seperti dalam mimpi itu, tapi ia justru dijual dan menjadi budak. Kalau dirasa masih kurang tanya saja kepada Musa muda yang berangan-angan membebaskan bangsa Israel secepatnya dari penindasan Mesir, dan tanyakan apa yang terjadi sesudahnya. Bukannya menjadi pahlawan tapi justru lari terbirit-birit sampai ke padang Midian dan menggembalakan domba di sana selama 4o tahun. Bagaimana dengan Daniel? Dia adalah yang terbaik tapi ia justru masuk gua singa.

Setiap orang percaya akan mengalami proses dari Tuhan. Salah satu cara Tuhan menguji hati dan memproses kehidupan kita adalah dengan mengijinkan keadaan yang tidak kita kehendaki justru terjadi dalam hidup kita. Seperti apa diri kita yang sebenarnya akan terlihat pada masa-masa seperti ini. Apakah kita akan menjadi orang yang tetap bersyukur atau menggerutu. Apakah kita tetap memuji kebaikan Tuhan ataukah sebaliknya kita justru mengumpat dan menghujat Tuhan. Apakah kita semakin dekat kepada Tuhan ataukah kita justru menjauh dari Tuhan.

Adalah hal yang indah kalau kita menjadi anak Tuhan yang tetap tegar saat menghadapi proses Tuhan. Meski kenyataan tak terjadi seperti yang kita harapkan, kita tetap mempercayai bahwa di balik itu semua ada rencana besar yang sedang Tuhan siapkan. Meski langkah kita berat dan jalan yang kita lalui sulit tapi pastikan bahwa kita tetap menjadi orang Kristen yang berkualitas. Mengubah keadaan bukannya keadaan yang justru mempengaruhi hidup kita.

Bacaan: Daniel 12:1-13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s