Si Pengusaha dan Si Nelayan

Posted: 23 April, 2009 in Inspiration

Sambil memikirkan makan siang, pengusaha yang sedang berlibur itu memandang ke arah laut biru yang tenang. Perahu kecil, penuh dengan tuna sirip kuning yang besar-besar, merapat dekat desa Meksiko yang indah itu. Seorang nelayan melompat ke tepian.

“Tangkapan yang bagus, “ kata si turis. “Berapa lama yang ada butuhkan ?”

“Tidak lama,” balas si orang Meksiko.

“Mengapa tidak pergi lebih lama dan menangkap lebih banyak ikan ?”

“Ini cukup untuk sekeluarga”

“ Apa yang anda lakukan di luar waktu ini?”

“Tidur larut, memancing sekali-sekali, bermain bersama anak-anak, makan siang, tidur siang dengan Maria istri saya. Berjalan-jalan ke desa setiap petang, minum anggur, main gitar dan kartu dengan teman-teman – hidup yang penuh dan kaya senor.”

“Saya rasa saya bisa membantu,’ kata si turis, sambil menggosok hidung. “Saya ini lulusan MBA dari Havard dan ini nasehat yang didapat dari sekolah bisnis. Habiskan lebih banyak waktu menangkap ikan, beli perahu yang lebih besar, hasilkan lebih banyak uang, kemudian beli beberapa perahu lagi sampai menjadi armada. Jangan jual tangkapan anda ke perantara, jual langsung ke pengolahan sampai akhirnya memiliki pabrik pengalengan sendiri. Anda bisa mengendalikan produk, produksi dan distribusinya. Anda kemudian bisa meninggalkan desa ini, pindah ke Mexico City, kemudian Los Angeles, mungkin akhirnya ke kota New York untuk mengembangkan usaha ini.”

“Tapi senor, berapa lama waktu yang diperlukan?”

“Lima belas, dua puluh tahun”

“Setelah itu apa senor?”

“Nah ini bagian terbaiknya,” pengusaha itu tertawa. “Ketika waktunya tepat, kamu bisa jual saham di bursa dan menghasilkan jutaan dolar.”

“Wah jutaan ya. Lalu apa senor?”

“Lalu kamu bisa istirahat dan pulang ke rumah. Pindah ke desa kecil di tepi laut, tidur larut, sekali-sekali memancing, bermain bersama anak-anak, tidur siang bersama istrimu, berjalan-jalan ke desa setiap petang, minum anggur, serta bermain gitar dan kartu bersama teman-temanmu.”

Kemampuan untuk menyederhanakan, berarti menghilangkan yang tidak perlu, sehingga yang diperlukan bisa tampil (Hans Hofmann)

Sederhanakan hidup Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s