Aku Hanyalah Akar

Posted: 14 July, 2009 in Reflection

Aku bukan bunga. Aku tak punya mahkota mewah laksana bunga. Warnaku pun tak menarik untuk disanjung dan dipuja, serta aroma tubuhku tak pernah sewangi sang bunga yang sanggup memikat lebah, kumbang, burung kecil penghisap madu, bahkan manusia. Aku memang bukan bunga…. aku bukan bunga yang dapat meliuk gemulai seiring dengan terpaan angin, lepaskan genggaman penat jagan nan padat. Aku bukan bunga yang kerap jadi sumber inspirasi bagi para pengagum seni.

Aku juga bukan daun, yang tak kalah unik dari bunga, bentuk dan warna khasnya sering pula menjadi incaran. Aku bukan daun yang melengkapi penampilan tarian bunga, mewakili sang bunga untuk menghias batang – batang pohon, dan pesona rimbunnya sanggup melepas lelah sang pengembara.

Aku adalah akar! Aku tertimbun di bawah tanah, dan diatas sana ribuan kaki menginjakku tanpa kenal sopan santun. Jangankan untuk memuji wajahku, melirik saja tidak. Aku memang tak kelihatan. Bahkan kadang, waktu sepertinya terlalu sempit untuk sekedar menganggapku ada. Aku nyaris terlupakan.

Aku memang hanya akar. Ya, aku akar!
Tubuhku terdiri atas bulu bulu halus detector yang mendeteksi keberadaan air dan zat hara. juga pembuluh pembuluh yang berttugas mengantar zat hara, untuk kemudian dimasak pada klorofil daun dalam proses fotosintesis, lantas hasil masakannya kelak diedarkan ke seluruh organ tubuh, hingga sang pohon dapat bertahan hidup.

Aku akar. Aku tak perlu menjadi daun ataupun bunga, karena aku adalah akar! Meski kumbang dan kupu itu tak pernah menghampiriku. Tak pula pernah ku dengar sekelumit pujian untukku. Tapi aku puas jadi akar. Karena aku adalah akar yang selalu mencari air untuk daun dan bunga. Bahkan air untuk kelanggengan usia pohon. Bukan hanya air setetes, melainkan kuingin sedanau, bahkan sesamudra raya.

Comments
  1. Nela says:

    Luar biasa, bagus banget, sangat menyentuh.
    Ini karya sendiri atau saduran ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s