U Turn

Posted: 10 August, 2009 in Reflection

Saya rasa semua orang pernah memainkan permainan maze, sebuah permainan yang mencari jalan keluar di antara jalan-jalan buntu. Tingkat kesulitan permainan ini akan meningkat jika penampang maze dan jalan yang dibuat semakin besar dan semakin banyak, yang ada mata kita malah pusing melihatnya.

Apa yang kita lakukan jika kita bertemu jalan buntu pada permainan maze?? Pastinya kita berbalik lagi dan mencoba mencari jalan lain yang tidak terhalang sampai bertemu jalan keluarnya.

Jalan buntu… hmmm… entah berapa kali kita harus melihat jalan itu dalam hidup kita, dan kembali kita harus berbalik, mundur sebentar, untuk mencari jalan keluar kembali. Letih ?? Pastinya, tetapi jika kita tidak berbalik arah, justru yang kita lihat hanyalah tembok tanpa jalan keluar.

Berbalik arah mengajarkan kita agar :
1. Membuat mata kita terbuka terhadap jalan HARAPAN dan jalan KEINGINAN yang menurut kita benar tetapi justru SALAH karena berakhir kepada kebuntuan. Ngotot dengan harapan yang sudah jelas kelihatan ‘salah dan kosong’ tidak ada gunanya, sebaiknya kita berbalik mundur dan menyelidiki lagi mana jalan yang sebenarnya terbuka dan benar.

2. Menghargai dan mengkoreksi apa yang sudah kita jalani dari awal dan mengingatnya untuk kembali melangkah sampai akhir tujuan. Karena biasanya kita tidak menghargai langkah-langkah atau tindakan-tindakan kecil yang sebelumnya sudah kita buat, dan mengabaikan juga tindakan-tindakan kecil yang sebenarnya juga menjerumuskan kita kepada kebuntuan. Misalnya dalam usaha dan pekerjaan terkadang kita terlena akan keberhasilan, profit, prestasi, dan kita tidak waspada dan salah mengambil keputusan akibat euphoria atau kesombongan. Kesalahan dan keterlenaan itu mengakibatkan kebuntuan dan membuat kita sadar untuk mengkoreksi langkah yang sudah salah dan me-rewind kembali track sebelumnya yang benar sehingga kita terus berpedoman terhadap apa yang benar.

3. Tidak berputus asa karena dalam setiap maze pasti ada jalan keluarnya. Orang yang bodoh pun dapat menemukan jalan keluarnya dengan terus berbalik arah dan akhirnya menjadi orang bijak. Dalam permainan ini hanya orang-orang yang sudah menyerah yang mengakhiri langkahnya di jalan buntu bukan orang bodoh.

4. Beristirahat dan menenangkan diri dari segala kebingungan yang sudah ada akibat berkelok-keloknya langkah maze yang sudah kita tempuh sehingga konsentrasi kita melemah dan selalu menghadapi benturan. Saatnya untuk diam dan memikirkan kembali dengan tenang dan melihat jalan mana yang dapat kita ambil lagi untuk mencapai garis akhir.

Setiap orang berbalik arah di jalan yang berbeda, setiap orang menemukan jalan keluar dengan cara yang berbeda dan waktu yang berbeda sesuai dengan kemampuan yang diberikan.

Tetaplah terus berbalik arah bila menemukan jalan buntu. Terpaku di dalam situasi kebuntuan tidak akan menghasilkan apa-apa. Mengeraskan hati untuk meruntuhkan kebuntuan dengan usaha sendiri jauh lebih konyol, jadi adalah lebih baik mundur sejenak mengisi bahan bakar lebih untuk melangkah lebih jauh.

Are you brave enough to take U Turn ?? Or enjoy hitting the block until you run out your gas to move and get stuck forever ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s