Kehilangan

Posted: 1 October, 2009 in Inspiration

Aku mau sharing mengenai sebuah kisah menarik dari buku yang sedang kubaca “TALENT IS NEVER ENOUGH” karya John C. Maxwell yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk kalian. Mungkin kamu pernah menonton America’s Most Wanted, program televisi yang melakukan reka ulang kisah-kisah kejahatan dan memotivasi para pemirsanya untuk menolong pihak yang berwajib mencari dan menangkap para pelaku kejahatan, yang sering kali merupakan penjahat sadis. Pembawa acara program ini adalah John Wals.

Mungkin kamu mengira John Wals adalah seorang jurnalis atau aktor, seorang yang professional dalam dunia pertelevisian tetapi sebenarnya tidak demikian. Ini adalah kisah yang dialami John Wals.

John awalnya memiliki usaha sendiri bersama tiga orang mitranya, mereka melakukan pembangunan berbagai hotel mewah. Tetapi suatu hari putra John diculik, tetapi karena tidak ada bukti tentang kejahatan tersebut, pihak berwenang lambat untuk menolong John dan istrinya dalam menemukan putra mereka. Mereka mencari selama enam belas hari, dan tragisnya anak laki-laki tersebut ditemukan dalam keadaan tewas.

Kehidupan John hancur sebagaimana keadaan hatinya karena kehilangan buah hati yang dikasihinya. Berat badannya turun drastis, rumahnya disita, bahkan bisnisnya hancur. Ia telah kehilangan semua harapan. Hingga suatu hari John bertemu dengan Dr.Ronald Wright, seorang ahli koroner didaerahnya yang bertanya padanya, “Anda sedang berpikir tentang bunuh diri, bukan?”

“Untuk apa lagi saya harus hidup,” jawab John. “Saya tidak mempunyai apa-apa. Anak saya satu-satunya telah dibunuh. Saya bahkan tidak bisa bicara dengan istri saya. Saya tidak mempunyai pekerjaan, rumah saya disita, seluruh hidup saya berakhir.”

“Tidak, tidak demikian,” jawab Dr.Ronald. “Anda fasih berbicara. Anda bisa menyusun sebuah kampanye terbesar untuk anak hilang dalam sejarah Florida. Pergilah dan berusahalah untuk mengubah segala sesuatu.”

John berkata bahwa itu adalah nasihat terbaik yang ia pernah dapatkan dari siapapun. Itu memberikannya sebuah tujuan hidup. Dan tujuan hidup itu memberikannya lebih dari sebuah alasan untuk tidak bunuh diri. Itu memberinya kekuatan untuk melayani dan menolong orang lain. Pada tahun 1988, ia memulai acara America’s Most Wanted yang masih terus berlanjut hingga saat ini. Acara itu telah berjasa atas penangkapan 1050 penjahat dan juga empat belas nama yang terdaftar dalam FBI’s Most Wanted, dan juga menyelamatkan puluhan anak-anak yang hilang. John menemukan tujuan hidupnya saat dia berada di lembah terdalam kehidupannya, dan dia berhasil bangkit dan bahkan menjadi berkat bagi banyak orang.

Perjalanan hidup kita pun pasti pernah mengalami yang namanya kehilangan, bukan…? Misalnya seperti kisah di atas, kehilangan salah satu orang yang kita kasihi untuk selama-lamanya. Dan reaksi kita dari kehilangan pun berbeda-beda, bukan…? Dan seringkali lebih banyak kekecewaan daripada kebangkitan dari kehilangan tersebut. Mengapa…? Karena kita masing-masing dilahirkan dengan potensi yang berbeda, dengan bakat yang berbeda, dalam lingkungan yang berbeda, dan cara pandang yang berbeda tentang kehidupan.

Cara yang tepat untuk mengukur seberapa jauh diri kita telah berkembang dan maju adalah membandingkan diri kita saat ini dengan diri kita dimasa lalu. Apakah kamu hari ini lebih bisa mengontrol emosi dibanding bulan lalu…? Apakah kamu hari ini lebih bijaksana dibanding setahun yang lalu…?

Intinya adalah kamu dan aku mempunyai potensi dan standard yang berbeda. Adalah tidak bijaksana kalau membandingkan potensi kita dengan yang lain. Kemenangan sejati adalah ketika dengan potensi yang kamu miliki, kamu bisa melampaui standard dirimu sendiri. Seperti John Wals yang bangkit dari keterpurukannya dengan menentukan tujuan hidupnya sehingga bisa mencapai potensi yang dia miliki, hal yang sama juga dapat kamu lakukan, ketika kamu menentukan tujuan hidupmu lalu selanjutnya dengan berdoa, berusaha dan berjuang maka kamu akan mencapai potensi maksimal kamu. Ingatlah bahwa jati diri seseorang juga dapat dilihat dari keberanian bertanggungjawab terhadap apapun yang terjadi di kehidupannya.

…Have a Inspiring Day…

“I Try Not Become A Man Of Success But Rather To Become A Man Of Value, Significance, Quality & Inspiration In Life”
“God Has Not Called Me To Be Successful But He Has Called Me To Be Faithful”
“If I Die Tomorrow..I’d Be Alright..Because I Believe..That After I’m Gone..The Spirit Carries On…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s