Maukah Kita Menjadi “Hadiah” bagi Sesama Kita?

Posted: 1 October, 2009 in Reflection

Saat-saat tertentu, biasanya kita memberikan hadiah, kado bagi seseorang yang kita cintai, kita kenal atau kita anggap layak diberi kado atau hadiah… Sebelum diberikan, hadiah itu selalu kita bungkus dengan rapi dengan kertas emas, dan berpita emas.. bisa juga dibungkus dengan sederhana saja..

Saudara-saudariku, kita sebenarnya saling menjadi hadiah bagi sesama, di keluarga, di kelas, di kantor, di tempat kerja. Kita tidak bisa memilih siapa keluarga kita, siapa teman-teman sekelas kita, siapa teman-teman sekantor kita, siapa tetangga-tetangga kita. Dengan segala keunikan dan kekayaan potensi/kemampuan dalam diri kita, seharusnya kita saling “MENGHADIAHKAN”. Kehadiran Anda menjadi sahabat adalah hadiah, kata-kata Anda yang meneguhkan, nasehat yang membangun, sapaan yang penuh kasih, menjadi pendengar yang baik, menjadi pribadi yang jujur dan setia, adalah bentuk-bentuk hadiah yang bisa Anda berikan..

Kesulitan yang muncul adalah bagaimana memaknai suatu hadiah sebab ada hadiah yang bungkusnya sederhanya, ada hadiah yang dibungkus dengan kertas emas, pita berwarna, dan ada hadiah yang kecil dan sederhana, ada hadiah yang besar dan istimewa dst. Untuk memaknai suatu hadiah diperlukan ketrampilan dan kebijaksanaan tertentu. Jika keliru dalam memberikan makna, maka hadiah itu bukan lagi hadiah tetapi mungkin menjadi barang yang menyebabkan malapetaka atau penghancur relasi, pertemanan atau kebahagiaan. Maka relasi yang positif dan akrab serta pemaknaan yang tepat terdapat pada “hadiah” yg satu dengan yang lainnya akan membagiakan diri kita, baik secara pribadi maupun bersama….

Ingat bahwa kita adalah hadiah dari Tuhan, maka maukah kita menjadi hadiah bagi sesama kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s