7 Cara Mengawali Harimu

Posted: 29 December, 2010 in Reflection

Setiap hari, kita nggak akan pernah berhenti untuk tetap ngejalani kegiatan di kehidupan kita . Bersekolah, bekerja, kuliah dan kegiatan – kegiatan yang lain en kadang kejenuhan ( nama lain dari bosan ) muncul tatkala kita terus – menerus melaksanakan kegiatan itu. Dari kejenuhan di tiap hari kita terkadang ekspresi raut wajah kita yang seharusnya dapat memberi ketenangan bagi kita dan orang lain, malah menjadi bumerang bagi kita sendiri ( like manyun, cemberut, suntuk, dan sejenisnya )

“ Badmood “, kata yang sering muncul dalam keseharian kita yang diawali adanya rasa jenuh en bosan. Misalnya aja, pas waktu sekolah banyak kejenuhan muncul dari ilmu yang kita nggak ikhlas saat menerimanya ( bisa dibilang nggak suka ama mapelnya ) , atau tenaga pengajar ( Pak Guru en Bu Guru ) yang menyampaikan ilmu mapel, menurut kita cenderung lama dan membuat kita tak berminat dalam memerhatikan ataupun mendengarkan mapelnya ( terkadang cara penyampaiannya yang monoton dan tidak variatif yang menjadi faktornya ).

Dari awal kejenuhan ini pasti akan banyak masalah – masalah yang ikut berantre nimbrung di keseharian kita, mungkin masalah yang amat sepele tapi terlalu dibesar – besarin, masalah komunikasi sama temen – temen en nggak jarang masalah pribadi. Awal sikap seperti ini membuat fikiran kita nggak bisa berkonsentrasi penuh dalam kegiatan – kegiatan lainnya. Dan banyak lagi masalah yang akan bertubi – tubi menyergap fikiran kita. Karena dari awal hari kita, sikap – sikap yang dapat mencegah masalah yang muncul, kurang dapat kita pahami en cermati. Oleh karena itu aku kepengen sedikit memberi saran dalam hal pencegahan masalah di tiap hari kita dan akan mencegah adanya kata “ Badmood “ dalam kamus keseharian kita. Silakan dipahami dan dicermati =D.

1. Niat yang baik

Niat itu sikap pertama kita dalam bertindak. Karena suatu pekerjaan itu tergantung dari niat seseorang. So, ayo kita mulai setting kembali Niat kita, apakah sudah benar – benar dalam koridor kebaikan atau malah mendekati niat yang akan menggugurkan kebaikan – kebaikan kita. Niat yang baik akan mengawali hari yang baik pula bagi kita.

2. Semangat

Kata yang sering muncul saat kita benar – benar mengalami keterpurukan en kata ini sangatlah sederhana. “ Semangat “ satu kata yang mampu menanamkan rasa ingin berubah, rasa ingin bangkit, rasa ingin mengakhiri setiap masalah dalam kehidupan kita. Kata ini tak jarang sangat ampuh dalam mengawali keseharian kita. Dengan mengucap kata ini secara tegas, akan mampu menggerakkan hati kita jadi lebih Pede ( percaya diri ) dan yakin akan datangnya kebaikan – kebaikan yang muncul di hari kita. So, sering – seringlah ngucapin kata ini dengan yakin dan penuh kepercayaan diri akan awal yang baik di hari yang baik.

3. Tersenyum

“ Senyum itu ibadah “. Hadist yang sering kita dengar terutama ketika kita memperagakan sikap “ Tersenyum “ ini. Pasti akan terbesit di fikiran kita akan hadist yang sangat bermanfaat ini. Tersenyum, menebarkan benih – benih kebaikan dan menjauhkan akan adanya prasangka, kalimat yang harus benar – benar kita pahami bersama. Dari awal hari kita, jikalau kita yakin akan niat serta semangat yang telah terpupuk, dengan sendirinya hati kita akan tersenyum. Dan ketika hati kita telah tersenyum, otomatis raut wajah kita akan berubah menjadi lebih tenang, ceria, penuh kebahagiaan ( ngedukung banget kan kita lebih semangat ). Oleh karena itu, awali setiap harimu dengan tersenyum maka dengan sendirinya hati dan fikiran serta raut wajahmu berubah menjadi lebih indah dan akan lebih nyaman dilihat banyak orang serta menjauhkan rasa prasangka mereka en rasa illfeel mereka akan pribadi kita. Karena mereka dengan sendirinya akan berfikir bahwa kamu ( yang telah tersenyum ) adalah orang baik.

4. Positive Thinking

Kata yang sering kita dengar mungkin dari salah satu karya Anak Bangsa di bidang Permusikan. Kata yang berarti “ Berfikir Positif “ ini sangatlah diperlukan dalam mengawali dan ngejalani setiap keseharian kita. Dalam menghadapi problema atau masalah, pandanglah sisi positifnya saja, agar kamu mampu menyelesaikan masalah tanpa timbul masalah yang baru ( kayak pegadaian aja ??? ). Misal masalah dalam pekerjaan, hasil kerja kamu ngebuat Bos atau Atasan kamu merasa kurang puas sehingga muncul amarah – amarah yang tertuang dalam lisan Bos kamu. Maka coba deh kamu tetep berfikir positif. Mungkin memang hasil kerjamu kurang maksimal maka masalah ini jadiin sebagai penyemangat kamu buat ngerjain hasil kerjamu yang lebih OK. En jangan sampai kamu malah berputus asa ataupun cepet menyerah. So, tetaplah berfikir positif dalam menghadapi setiap masalah. Dengan gini, aku yakin kamu akan menjadi pribadi yang selalu tenang dalam menghadapi masalah.

5. Ikhlas en Sabar
Ilmu yang selama ini memang sulit banget buat dipelajari. Sikap ini harus sesegera mungkin ditanamkan dalam diri kita. Agar kita mampu mengamalkan dalam keseharian kita terutama ketika kita lagi bener – bener banyak masalah. Banyak halangan sih yang terkadang membuat kita merasa kurang sabar atau tidak ikhlas dalam menanggapi setiap masalah kita. Mungkin seperti ketidakrelaan yang terlalu mendalam karena kita terlalu memikirkan masalahnya. Boleh saja kita memikirkannya karena memang tidak ada larangan tentang itu. Namun kita harus tahu batas – batas saat kita memikirkan sesuatu. Karena apabila kita terlalu mengungkit, mengingat kembali dan memikirkannya dalam – dalam, itu akan berdampak pada mental en jiwa kita serta mengganggu fokus kita dalam berkegiatan ( bisa ngebuat kita Drop en Stres lho !!! ).

Oleh karena itu, perlu adanya latihan keikhlasan dan kesabaran dalam menghadapi setiap masalah di keseharian kita. Dengan didukung adanya semangat en positive thinking, kita pasti mampubisa nerima setiap konsekuensi kehidupan kita sendiri.

6. Berdo’a

Hal ini yang benar – benar nggak boleh ketinggalan. Karena do’a pula yang dapat memperlancar setiap kegiatan kita. Jangan segan – segan deh dalam berdo’a. Karena jika kamu segan dalam berdoa maka kamu itu termasuk orang yang takabur dan sombong, terutama kepada Tuhan Yang Maha Pencipta. Tetap berdo’a ya ! Hanya Tuhan kitalah yang sepenuhnya dapat membantu kita selain kita sendiri juga. Ingat !!! Selalu ada jalan yang terbaik di setiap masalah kita .

7. Besyukur

Biasanya kita emang jarang banget buat bersyukur kepada Tuhan kita, yang telah memberi kita hari – hari yang indah. Mungkin karena kita lupa atau sok – sok lupa en sok berlagak semua masalah bisa kamu selesaiin sendiri. Nggak mungkin kawan !!! Tuhan jugalah yang selalu ngebantu kita.

Masalah yang bertumpuk – tumpuk yang muncul di kehidupan kita mungkin ini karena kita kurang menyukuri atas nikmat en Karunia-Nya yang berlimpah kepada kita. So, jangan lupa buat selalu bersyukur kepada Tuhan atas pemberian kekuatan dala menghadapi setiap masalah kita. Remember ! Biasakanlah menutup harimu dengan Rrasa Syukur. =D

Oke, kawan – kawan sekalian ! Mungkin hanya ini yang mampu aku saranin buat hidup kamu yang lebih baik. Lain waktu akan aku kasih saran – saran en cara – cara seru menikmati hidup kamu dalam lingkup kebaikan en tentunya agama =). Kalo soal saran –saranku sangat berlaku istilah “ Try it at home =D “.So, jadikan hidupmu penuh kebaikan ya ! Agar kamu tetap bisa berniat baik, penuh semangat en senyummu, positive thinking yang selalu hadir di fikiranmu, ikhlas en sabar yang always tertanam di hatimu, serta do’a awali hari en syukur akhiri harimu . Selamat Mencoba ! =D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s