Level Kemarahan

Posted: 16 March, 2011 in Reflection

Bagi saya pribadi, suatu kemarahan tidak dapat dengan mudah muncul dari dalam diri. Terdapat beberapa tahapan (level) sebelum kemarahan itu muncul.


Level Pertama, “Sebal”
Ketika saya memiliki konflik dengan orang lain, yang pertama kali saya rasakan adalah suatu perasaan yang disebut ‘sebal’. Hal ini dapat terjadi karena masalah-masalah kecil, seseorang menumpahkan sesuatu yang mengenai pakaian saya misalnya. Dan biasanya, rasa sebal ini dapat dengan mudah hilang, ketika orang tersebut melakukannya dengan tidak sengaja, ataupun langsung meminta maaf. Saya pun cenderung memaafkan, karena, hanya akan membuang-buang waktu jika kita marah-marah atas hal seperti itu.


Level Kedua, “Kesal”
Rasa ‘kesal’ datang ketika suatu masalah mulai memasuki tahap yg agak serius. Masalah ini sering terjadi ketika seseorang berbuat sesuatu yang lancang. Bayangkan seseorang tiba-tiba mematikan komputer anda ketika anda sedang konsentrasi kerja untuk segera menyelesaikan target, sungguh mengesalkan. Kekesalan ini tidak mudah dapat dimaafkan begitu saja.


Level Ketiga, “Kecewa”
Sebagai level ketiga setelah ‘sebal’ dan ‘kesal’, rasa ‘kecewa’ berada satu level di bawah kemarahan. Pada level ini, masalah yang terjadi lebih besar, tetapi tidak cukup besar untuk membuat diri saya marah. Selain hal tersebut, waktu relatif lama yang dibutuhkan untuk memaafkan, pantas membuat ‘kecewasebagai level terakhir sebelum ‘marah’. Tidak mudah untuk memaafkan, jika seseorang yang telah lama bersama-sama dengan anda, suatu hari anda ketahui bahwa dia hanya memanfaatkan anda.


Marah
Banyak orang yang memiliki definisi tersendiri tentang kata yang satu ini. Untuk saya pribadi, marah adalah benar-benar marah, yang berarti that’s it, enough, that’s all I need to know about you. Ketika saya marah, saya tidak menginginkan lagi orang tersebut untuk ada lagi di dalam kehidupan saya.

Leave a Reply

